Categories
Digital

Ini Dia Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik!

Berkat kemajuan teknologi saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai hal baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan. Di perusahaan, tentu Anda tidak asing lagi dengan penggunaan email. Anda menggunakan email untuk berkomunikasi baik dengan atasan maupun dengan para klien bisnis. Oleh karena itu Anda harus mengetahui contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik.

Mengirim email untuk keperluan bisnis tentu berbeda, Anda harus menggunakan kalimat yang baik dan formal. Seperti berbicara, mengirim email kepada orang lain dalam bisnis juga memiliki etika.

Struktur Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik

Biasanya, jika Anda adalah pegawai perusahaan Anda memiiki email dengan domain perusahaan. Oleh karena itu Anda harus menjaga nama perusahaan Anda dengan membuat emai yang baik.

Berikut ini ialah struktur dan contoh email bisnis yang harus Anda ketahui.

  • Baris subjek. Baris subjek adalah bagian pertama dari email yang dilihat pembaca Anda. Ini dapat menentukan apakah pembaca Anda membuka email. Kebanyakan ahli setuju bahwa baris subjek harus pendek (enam hingga sepuluh kata) dan spesifik.
  • Salam. Salam adalah bagaimana Anda menyapa pembaca. Penting bagi Anda untuk memahami apakah Anda menangani audiens formal atau informal.
  • Teks isi. Teks tubuh menyampaikan pesan utama email. Ini juga harus mencakup pengantar dan kesimpulan. Ini harus ditulis dalam paragraf singkat satu hingga dua kalimat. Di mana untuk menambahkan kejelasan, gunakan daftar poin atau angka.
  • Tanda tangan. Pada email bisnis, setelah Anda selesai menyampaikan apa yang ingin disampaikan sebaiknya Anda menggunakan tanda tangan. Tanda tangan pada email ialah nama beserta dengan jabatan dan perusahaan Anda beserta logo.

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Kepada Bapak Mitchell yang terhormat,

Saya menulis sehubungan dengan situasi saat ini dengan Proyek Bandara Skipton. Kami memiliki sejumlah pertanyaan yang kami harap dapat Bapak jawab.

Pertama-tama, bisakah Anda memberi kami informasi terbaru tentang di mana Anda berada di Proyek Bandara Skipton. Kami juga akan menghargai andda jika Anda dapat mengklarifikasi terkait masalah saat ini yang terjadi dengan sistem pengiriman, dan mengonfirmasi kapan Anda akan menyelesaikannya. 

Selain itu, pada akhir pertemuan terakhir kami, kami meminta salinan laporan pembaruan proyek terbaru. Sayangnya, kami masih belum menerimanya. Kami berharap Anda akan mengirimkan laporan tersebut secepatnya kepada kami. 

Bisakah Anda juga mengonfirmasi apakah kebutuham pasca pemasangan telah mencakup peralatan yang dibutuhkan 24 jam sehari? Dan apa saja kebutuhan yang sebenarnya dibutuhuhkan. Secara khusus, kami ingin konfirmasi jika biaya suku cadang dan tenaga kerja termasuk dalam paket? Kami memerlukan informasi ini sesegera mungkin.

Dan terakhir, kami sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang periode dukungan pasca pemasangan dari perusahaan Anda dari 6 bulan menjadi 12 bulan. Kami akan sangat berterima kasih jika Anda dapat memberikan kami penawaran untuk ekstensi ini.

Saya berharap Anda bisa menangani masalah ini dengan segera.

Ditunggu konfirmasi dan balasan email ini secepatnya

Dengan hormat,


Roy Suryo
Manajer Pengembangan

Bagaimana, apakah Anda sudah paham apa saja yang harus Anda buat dalam menulis email bisnis? Jika Anda berkirim email kepada rekan kantor mungkin email informal tidak masalah.

Namun, jika Anda mengirim email dengan para klien dan juga atasan maupun bawahan Anda akan lebih baik menulis dalam Bahasa formal. Perhatikan struktur serta contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *